Cara Cek Tagihan BPJS Milik Sendiri

Advertisement
Cara Cek Tagihan BPJS - Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan layanan kesehetan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang lebih sering kita kenal dengan BPJS Kesehatan. Layanan yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu terbilang sangat popular dan cepat memikat hati masyarakat dari kalangan bawah sampai kalangan atas sekalipun. Sebab layanan ini mengenakan tariff yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan.


Pemerintah sebagai pihak yang menjadi penjamian terselenggaranya program ini benar – benar memperhatikan kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan. Hal ini tentunya bermaksud supaya masyarakat Indonesia mendapat layanan kesehatan yang lebih terjangkau dan lebih cepat walau mereka berasal dari kalangan kurang mampu sekalipun.

Ketika kalian memutuskan menjadi anggota BPJS Kesehatan, tentunya kalian berkewajiban untuk membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah iuran ini tergantung pada jenis layanan yang kalian pilih tentunya. Sebagaimana kewajiban bulanan lainnya, kalian juga akan membutuhkan kemudahan untuk melakukan pengecekan terhadap tagiahan yang harus kalian bayarkan perbulannya. Adapun Cara Cek Tagiahan BPJS, akan saya jelaskan dalam artikel kali ini.

Cara Cek Tagihan BPJS


CARA CEK TAGIHAN BPJS MELALUI WEBSITE RESMI BPJS

Cara kali ini merupakan cara yang sangat mudah dan tepat untuk kalian yang aktif menggunakan layanan internet. Kalian cukup masuk ke website resminya di bpjs-kesehatan.go.id dan melakukan pengecekan tagiannya dengan cara :

1. Pada halaman utama, kalian klik menu ”Cek Pembayaran Iuran”.

2. Setelah halamannya muncul, kalian akan diminta untuk mengisi Nomor Kartu BPJS KESEHATAN dan juga Tanggal Lahir kalian sebagai pemegang kartu BPJS tersebut.

3. Setelah mengisi data tersebut, kalian juga harus mengetikkan angka validasi yang muncul di sana. Lalu klik “CEK”, rincian pembayaran kalian akan muncul pada layar. Informasi ini berisi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang harus dibayarkan.


CARA CEK TAGIHAN BPJS MELALUI SMS GATEWAY

Selain menggunakan Cara Cek Tagihan di atas, kalian juga bisa mengetahui tagihan BPJSnya menggunakan layanan Pesan Singkat atau SMS dengan format TAGIHAN(spasi)Nomor Kartu BPJS lalu kirim ke 087775500400. Setelah itu kalian akan mendapat balasan yang berisi tagihan yang harus dibayar oleh kalian.

Itulah Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang telah saya bagikan, semoga dapat membantu teman – teman yang kesulitan untuk melakukan pengecekkan, dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Cara Cek Tagihan BPJS Milik Sendiri | Gisella Preswita | 5